email untuk bisnis
Jaman sekarang, hampir semua pengguna internet pasti memiliki alamat email, karena sudah dianggap seperti kebutuhan primer, bahkan kedudukannya hampir sama seperti nomor handphone.
Pola berkomunikasi surat-menyurat saat ini pun juga sudah banyak yang menggunakan email.
Apalagi untuk urusan bisnis, pekerjaan, belanja online di situs marketplace, dan lain sebagainya. Saat awal pendaftaran, kita pasti ditanya alamat email kita apa.
Ketika Anda hendak membuat website profesional untuk usaha Anda, tentunya Anda harus menyewa hosting dan membeli nama domain.
Salah satu data utama yang pasti akan diminta saat mendaftar akun di perusahaan penyedia hosting, adalah ALAMAT EMAIL.
Contoh lain lagi, ketika Anda mendaftar akun di situs media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya, salah satu data yang pertama kali diminta adalah alamat email Anda (selain nama Anda).
Ituuuh!

Pengertian Email

Dilihat dari pengertiannya, email adalah singkatan dari electronic mail.
Maksudnya adalah, email merupakan sebuah layanan yang dapat kita gunakan untuk berkirim pesan secara elektronik menggunakan media internet.
Berbeda lagi dengan surat yang biasa kita kirim melalui kantor pos. Email ini tidak memiliki wujud fisik, melainkan dalam bentuk soft file. Jadi tidak bisa kita raba dan rasa. Hanya bisa kita lihat / baca.

Manfaat Email

Beberapa manfaat email yang bisa kita rasakan antara lain:
  1. Berkirim surat dengan murah, cepat, dan efektif.
  2. Mengirim dokumen berbentuk soft file (contoh: gambar, surat lamaran kerja, proposal bisnis, penawaran kerja sama, dll).
  3. Sarana komunikasi dua arah / grup.
  4. Media promosi (email marketing).
  5. Dasar akses untuk membuat akun situs media sosial, situs membership, dll.
  6. Mengakses fitur di smartphone berbasis Android, iPhone, dll.
  7. Dan masih banyak lagi.

Email Untuk Bisnis

Nah, bagi Anda yang berniat menjalankan usaha secara online, atau memanfaatkan internet bagi usaha yang tengah Anda jalankan, ada baiknya miliki juga alamat kontak + akun email yang konsisten, yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai email untuk bisnis.
Bahkan ketika Ada membuat sebuah website bisnis, Anda juga sebaiknya membuat alamat email baru yang disesuaikan dengan nama bisnis Anda atau alamat website Anda, supaya match dan customer pun juga akan menganggap bisnis Anda profesional.
Pengelolaan email bisnis jangan sampai tercampur dengan email pribadi. Akan fatal akibatnya jika Anda hendak mengirim email untuk pacar, tapi nyasar ke alamat email partner bisnis Anda. 😀

Email Gratisan

Kita tahu bahwa di internet ada beberapa penyedia email gratis, yang secara fasilitas dan fitur-fiturnya pun sudah sangat lengkap. Bahkan untuk kebutuhan bisnis pun, banyak yang masih menggunakan provider email gratisan ini.
Anda bisa memilih salah satu dari beberapa penyedia email gratisan berikut:
Semisal, nama bisnis Anda adalah PT. Maju Makmur. Maka, jika ingin menggunakan alamat email gratisan, bisa dibuat seperti berikut:
  • pt.majumakmur@gmail.com
  • mail.majumakmur@gmail.com
(Di belakangnya masih ada @gmail.com nya)

Email Berbayar

Ini keren! Bagi Anda yang ingin lebih serius dalam mengelola akun email profesional Anda, bisa gunakan email berbayar.
Maksudnya, email berbayar ini bisa di set menggunakan nama domain perusahaan / bisnis Anda.
Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki domain dan hosting sendiri, disamping bisa digunakan untuk membuat website, maka Anda pun bisa membuat akun email bisnis menggunakan nama domain usaha Anda tersebut.
Selain digunakan sebagai alamat website, nama domain juga bisa digunakan sebagai alamat email.
Beberapa customer website dan hosting kami, juga banyak yang memanfaatkan akun hosting mereka untuk kebutuhan email bisnisnya. Yakni membuat akun email yang di belakangnya menggunakan nama domain perusahaan. Karena biasanya mereka mendaftarkan nama domain dengan nama perusahaan mereka.
Hal itu memungkinkan, karena di dalam panel hosting (cPanel) sudah disediakan fasilitas pembuatan akun email. Dan penyimpanan konten email nantinya akan ditaruh di dalam space hosting tersebut. Sehingga penggunaan resource dan space hosting untuk aplikasi website dan email, dijadikan satu.
Alternatif lain, jika Anda belum memerlukan website, atau belum memiliki akun hosting, juga masih tetap bisa membuat akun email menggunakan nama domain sendiri.
Caranya dengan mendaftarkan nama domain dan mengambil paket layanan email dedicated. Layanan ini juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan transaksi kirim / terima email yang lebih lancar serta stabil. Karena server email dipisah dengan server untuk hosting.
Kemudian untuk struktur penamaan akun email berbayar, nantinya akan seperti contoh sebagai berikut:
  • info@usahaanda.com
  • sales@usahaanda.com
  • billing@usahaanda.com
  • dll
Bagaimana, sudah ada gambaran? Kira-kira lebih profesional mana? Yang gratisan atau yang berbayar?
Saya kira Anda sudah tahu jawabannya 🙂

Kesimpulan

Baik email gratisan maupun email berbayar, semua ada plus minus nya. Dan semuanya baik, tergantung bagaimana pemanfaatan kedepannya dan juga tujuannya.
Bagi saya, untuk tahapan awal bagi Anda yang masih memulai usaha, dan ingin memisah akun email pribadi dan bisnis, Anda bisa memakai fasilitas email gratisan.
Nantinya ketika kebutuhan email sudah lebih berkembang, dan ingin memiliki nama yang lebih profesional, bisa mulai dipertimbangkan untuk memakai yang email berbayar.
Karena mengingat begitu pentingnya akun email untuk berbagai macam keperluan di dunia maya dewasa ini, maka sebaiknya Anda juga memiliki alamat email yang benar-benar Anda kelola dengan baik.
Maksudnya, sering-seringlah dibuka akun email tersebut. Anda bisa akses melalui smartphone untuk melihat isi konten email Anda secara real time. Atau, bisa juga Anda akses email menggunakan aplikasi email client seperti Outlook, Thunderbird, Opera Mail, dan lain sebagainya.
Kiranya itu, dan semoga bermanfaat.