Yang harus dicari
Biasanya Anda akan melihat ini di laporan:
Error AMP
Selain error khusus AMP standar, laporan tersebut dapat menampilkan masalah tambahan berikut (error dan peringatan).
Memprioritaskan dan memperbaiki masalah
- Pada halaman ringkasan AMP, filter peringatan dan fokus pada error
terlebih dahulu. Secara default, masalah diurutkan berdasarkan
kombinasi tingkat keparahan, status validasi, dan jumlah halaman yang
terpengaruh; sebaiknya perbaiki masalah dalam urutan default
ini. Perbaiki error yang diakibatkan oleh sebab umum terlebih dahulu
(seperti template yang buruk), lalu perbaiki error yang unik pada setiap
halaman.
- Lihat apakah ada peningkatan jumlah total error yang paling banyak
disebabkan oleh sebuah error: carilah lonjakan yang sesuai dalam sebuah
masalah pada tabel.
- Lihat informasi di bawah tentang proses debug lonjakan dan halaman AMP yang tidak ada.
- Klik baris pada tabel untuk melihat halaman detail error:
- Halaman detail mencakup contoh URL yang terpengaruh. Daftar
ini tidak selalu lengkap, karena dibatasi hanya 1.000 baris, dan mungkin
tidak termasuk instance error yang baru ditemukan ini.
- Jika error-nya adalah error sintaks, klik Pelajari lebih lanjut untuk mendapatkan dokumentasi resmi terkait sintaks yang benar.
- Klik ikon periksa untuk menjalankan pengujian validitas
terhadap halaman yang terpengaruh. Pengujian ini akan mengidentifikasi
semua error (bukan hanya masalah saat ini) dan memberikan pengguna kode
yang menandai error dan memberikan informasi selengkapnya. Ada
kemungkinan bahwa error telah diperbaiki di halaman yang aktif, namun
masih tercantum sebagai error karena belum di-crawl ulang; jika
demikian, mintalah validasi setelah Anda memperbaiki semua instance
masalah ini.
- Perbaiki semua instance masalah di situs, uji perbaikan, dan pastikan bahwa perbaikan telah diterapkan di web.
- Kembali ke halaman detail masalah dan klik tombol "Validasi & Update Google" untuk memulai proses validasi. Proses ini tidak langsung dilakukan. Lihat Tentang validasi untuk memahami proses validasi.
- Lanjutkan untuk memperbaiki error.
- Jika semua error telah diperbaiki, hapus filter peringatan, lalu
pertimbangkan untuk memperbaiki peringatan. Beberapa peringatan berisi
markup data terstruktur opsional yang tidak ada, yang dapat memungkinkan
fitur penelusuran baru untuk halaman dengan konten yang relevan.
Membagikan laporan
Anda dapat membagikan detail masalah di laporan cakupan atau penyempurnaan dengan mengklik tombol
Bagikan
di halaman. Link ini memberikan akses hanya ke halaman detail masalah
saat ini, juga halaman histori validasi untuk masalah ini, kepada siapa
pun yang memiliki link. Link tidak memberikan akses ke halaman lain
resource Anda atau memungkinkan pengguna bersama melakukan tindakan apa
pun di properti atau akun Anda. Anda dapat mencabut link kapan saja
dengan menonaktifkan fitur berbagi untuk halaman ini.
Mengekspor data laporan
Banyak laporan yang menyediakan tombol ekspor
untuk mengekspor data laporan. Data diagram dan tabel diekspor.
Lonjakan error
Tentukan apakah lonjakan disebabkan oleh sekelompok halaman yang tingkat keparahannya mengalami perubahan:
- Jika Anda melihat lonjakan, carilah penurunan yang sesuai pada status lainnya (error atau valid).
- Jika Anda menemukan penurunan yang sesuai, konfirmasi apakah penurunan tersebut berasal dari URL yang sama.
- Jika status URL berubah, cari tahu perubahan yang Anda lakukan yang menyebabkan hal tersebut.
Alasan paling umum terjadinya lonjakan error adalah penambahan error
ke template yang digunakan oleh banyak halaman di situs Anda.
Memecahkan masalah halaman AMP tidak ada
Jika jumlah halaman AMP (valid + peringatan + error) dalam laporan
lebih kecil daripada jumlah halaman AMP di situs Anda, berikut ini
beberapa kemungkinan alasannya:
- Konfirmasi apakah halaman non-AMP kanonis ditautkan ke halaman AMP dengan benar.
- Pastikan halaman AMP atau kanonis Anda tidak menggunakan robot atau noindex, atau dilindungi oleh persyaratan autentikasi atau login.
- Periksa kehadiran halaman AMP dan kanonis Anda dalam indeks dengan menelusuri Google untuk URL halaman kanonis. Jika tidak tercantum, berarti halaman kanonis tidak diindeks.
- Apakah halaman AMP/kanonis ditautkan oleh halaman lain? Apakah
halaman tersebut tercantum di peta situs? Gunakan fitur Inspeksi URL di
halaman kanonis untuk meminta pengindeksan halaman AMP dalam jumlah
kecil, namun untuk halaman dalam jumlah besar, gunakan peta situs. (Anda
hanya perlu mencantumkan kanonis di peta situs.) Pertimbangkan untuk
menggunakan Laporan peta situs guna mengirimkan peta situs.
- Google memerlukan waktu beberapa hari untuk menemukan dan
meng-crawl halaman yang tidak ada, bergantung pada cara Anda
memberitahukan halaman baru kepada Google.
- Beberapa halaman AMP yang valid mungkin tidak disertakan dalam
laporan ini, meskipun halaman tersebut mungkin tercantum dalam laporan
Cakupan Indeks. Hal ini karena laporan Cakupan Indeks harus lebih
komprehensif agar dapat digunakan untuk membantu Anda mendebug masalah
pengindeksan pada laporan, sementara laporan Status AMP kemungkinan
mencakup lebih sedikit halaman, tetapi lebih relevan dan dengan detail
yang lebih baik, untuk membantu mendebug masalah AMP tertentu di situs
Anda. Untuk mengonfirmasi apakah halaman AMP diindeks atau tidak,
gunakan fitur Inspeksi URL, yang akan memberikan jawaban pasti.
Memahami peringatan
Halaman AMP dengan peringatan diindeks dan dapat ditampilkan di hasil
Google Penelusuran, namun mungkin tidak ditampilkan dengan semua fitur
AMP yang memungkinkan (seperti yang ditampilkan dalam carousel Berita
Utama). Dengan kata lain, halaman ini mungkin hanya ditampilkan sebagai
hasil penelusuran link biasa berwarna biru.
0 Comments